Tips Memperbaiki Tidur [kiat sederhana – insomnia]


Menurut William Dement, M.D., salah seorang pakar tidur, mengistilahkan kondisi fisik yang kurang tidur sebagai utang tidur. Menurutnya, untuk mengukur ‘besar’ utang tidur adalah dengan menilai seberapa Anda mengantuk pada siang hari, jika lebih dari dua kali, maka indikasi utang tidur telah Anda alami. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat tidur dengan lebih baik. Banyak di antaranya lebih bersifat sederhana pada perubahan gaya hidup, ketimbang kebutuhan untuk menggunakan obat-obatan. Saran-saran menurut Dr. Curtis Turchin, D.C., M.A., penulis buku :60 Second Mind/Body Rejuvenation, ada beberapa, di antaranya:

1. Perlengkapan tidur
Pilihlah tempat tidur dan bantal yang benar. Apabila terbangun pada pagi hari dengan sakit punggung, Anda mungkin tidur di tempat tidur yang salah. Jika bangun dengan rasa nyeri di leher, mungkin bantal Anda perlu diganti. Memakai selimut yang terlalu tebal, terlalu tipis, atau terbuat dari bahan yang tidak tepat juga akan mengganggu tidur Anda. Buatlah tempat tidur Anda tempat yang paling nyaman di dunia. Anda menghabiskan sekitar sepertiga hidup Anda di sana.

2. Lingkungan tidur
Pastikan bahwa kamar tidur Anda merupakan lingkungan tidur yang ideal. Apakah Anda merasa lebih senang bila jendelanya terbuka atau tertutup, lebih suka lingkungan lebih dingin ataupun hangat. Namun, sebisa mungkin ruang tidur Anda dapat meredam kebisingan dan cahaya dari luar yang berpotensi mengganggu tidur Anda.

3. Ritual sebelum tidur
Ciptakan ritual sebelum tidur Anda sendiri. Beberapa orang merasa bahwa latihan yoga yang lembut dapat menenangkan dan mempercepat datangnya kantuk. Sementara, orang lain mendapati bahwa membaca buku, sepanjang bukan tentang misteri pembunuhan yang mengerikan ataupun yang mengandung gambar DP, merupakan penimbul kantuk yang efektif (buku pelajaran sepertinya paling efektif). Mandi dengan air hangat, meredupkan lampu sejam sebelum tidur, dan menghindari stimulasi juga dapat membantu beristirahat malam dengan nyaman. Membaca Al qur’an juga sepertinya bagus

4. Jam tidur teratur
Tetapkan jam tidur yang teratur. Hasil riset menunjukkan bahwa berangkat tidur pada waktu yang sama setiap malam merupakan bantuan yang luar biasa agar bisa tidur dengan nyenyak. Seluruh unsur kimiawi dan hormon tubuh Anda lama kelamaan akan mengetahui adanya pola yang tetap dan akan membantu Anda untuk tidur.

5. Makanan dan minuman
Sebaiknya Anda tidak minum kopi, teh, soda, cokelat, alkohol, atau obat-obatan yang mengandung kafein pada malam hari. Cobalah mengkonsumsi makan malam yang ringan. Makan berlebihan pada malam hari dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidur pun jadi tidak nyenyak sebab tubuh sibuk mencerna makanan tersebut.

6. Stimulasi
Hindari stimulasi setidak-tidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Menonton televisi, internetan, mengecek email, bertengkar dengan pasangan, atau melakukan aktivitas apapun yang tidak membuat Anda merasa rileks bisa menghalangi Anda untuk mendapatkan tidur yang nyaman. Pastikan bahwa Anda terhindar dari segala stimulasi yang berat, khususnya cahaya terang pada malam hari.

7. Olahraga
Berolahraga secara giat adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Jalan-jalan santai selama beberapa menit sudah mampu membantu Anda untuk dapat tidur nyenyak. Berolahraga sambil memandikan diri dengan sinar matahari yang kemudian diikuti dengan pendinginan. Meredupkan semua cahaya di rumah pada waktu malam juga akan membantu Anda untuk menyetel ulang jam internal Anda dan membuat Anda lebih selaras dengan ritme alami.

Pos ini dipublikasikan di Ilmu, Personal. Tandai permalink.

2 Balasan ke Tips Memperbaiki Tidur [kiat sederhana – insomnia]

  1. adioksbgt berkata:

    kalo tips biar g bisa tidur bgaimana om ngaf….

    *
    ngopi sambi macul pakdhe..😀
    pripun liburane? tambah garing ki, nambah 3 minggu

  2. blodstone berkata:

    beberapa waktu yang lalu pernah ngalamin insomnia, tapi karena kebanyakan tidur siang ;P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s