Print Screen – Fungsi yang Terlupakan


Postingan di malam Sabtu, teringat semboyan tuliskan maka kalau lupa tinggal buka lagi (semboyan beneran bukan sih?!). Heheee.. yobenlah sik penting nulis. Pemilihan judul kali ini terkait dengan  satu tombol di keyboard yang ternyata memiliki fungsi yang kadang saya sendiri dibuat takjub olehnya. Tombol print screen, kalau di keyboard saya yang udah uzur diberi label Prt Scr garis bawah SysRq (yang artinya print screen system request) fungsinya adalah untuk meng-capture tampilan dari layar komputer Anda.

Prt Scr/Sys Rq

Cara penggunaannya adalah ketika Anda ingin menyimpan tampilan yang ada di layar komputer Anda, cukup klik tombol Prt Scr, kemudian buka program yang bisa menangani tipe file gambar biasanya berekstensi .jpg (Paint, Word, dll) kemudian tekan Ctrl + V (paste). Voilllaaa, tampilan yang ada di layar sudah berpindah, edit sesuka hati Anda (kalau saya palingan nge-crop saja, biar hanya gambar utama yang terlihat).

Fitur ini sering saya gunakan ketika malas membuat ulang gambar ataupun tabel yang berasal dari sumber yang ada ataupun sumber data yang keadaanya terproteksi tidak bisa dikopi secara langsung ataupun hasil scan. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran pixel saat mengcapture gambar, pastikan besarnya maksimal dan bisa terbaca sempurna (yang tercapture hanyalah yang nampak dalam layar jadi semakin gede layarnya semakin bagus). Hal ini dibutuhkan agar nantinya saat dicetak tidak pecah karena gambar terlalu kecil. Dan ingat, ini adalah gambar jadi isinya tidak bisa diubah-ubah. Terakhir, jangan lupa sebutkan sumber dari data/tabel/gambar yang Anda capture tersebut agar sang empunya tidak merasa dirugikan.

Ilustrasi dalam bentuk word: langkah-print-screen-word

Semoga bermanfaat🙂

Pos ini dipublikasikan di Ilmu dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Print Screen – Fungsi yang Terlupakan

  1. SD berkata:

    Wah kalau fitur ini paling sering saya gunakan. Biasanya buat capture gambar yang nggak bisa disave klik kanan. Maklumlah tukang Soto. Hehehe…😀

    Salam kenal.🙂

    • m.ngafifi berkata:

      Salam kenal juga, selamat datang di gubug maya saya…

      Waduw.. belum juga saya selese nge-threadnya udah dikomen aja..🙂
      He, saya juga share ini soalnya di kantor tadi ada teman yang kebingungan mindahin tabel dan data yang terproteksi dari file pdf. Udah mau di print terus di scan ulang (ribet), saya baru inget kalau ada fungsi ini (nggak ribet).

      Sekadar berbagi, kali aja bisa berguna buat orang yang belum tahu🙂

  2. SD berkata:

    Wah cepet juga balas komennya😀

    Iya bener, kalau pdf emang kadang kalo dilock filenya musti di printscreen. Tapi kalau gambarnya kecil (takut pecah pas di printscreen) ada software khusus yang bisa bikin pixel gambarnya makin tajam. Lupa saya namanya, tapi di google banyak infonya kayanya.

    Lanjutkan berbaginya.🙂

    • m.ngafifi berkata:

      Lagi utak-atik soalnya,😛 makanya cepet.. Yupp, ada software buat resize gambar, namanya reshade kalau nggak salah…

      Sippp.. berbagi tidak akan mengurangi tapi malah akan menambah, asal jangan membagi utang aja😛

  3. adioksbgt berkata:

    mantab fi…saya baru tau, baru saja menggunakan…thnks…

  4. erindo GAMERS berkata:

    thanks sangat membantu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s