Al Qur’an in MS Word [free add ins]


Ketika kita ingin mensitir suatu ayat dari Al Qur’anul Karim, kadang kita merasa kesulitan. Pertama, keyboard kita tidak mendukung penulisan dengan menggunakan huruf Arab. Kedua, ketidaktersediaan font yang sesuai (saat ini saya belum menemukan yang tepat). Ketiga, hal tersebut bisa diakali dengan menggunakan bentuk ”image” dari ayat atau surat yang akan kita sitir, namun ribet banget terutama dalam hal penempatannya.

Beberapa waktu yang lalu, ketika sedang mencari software gratisan, secara tidak sengaja saya menemukan software ini, mungkin lebih tepatnya kalau disebut sebagai plug ins atau add ins dari Microsoft Word (yang saya pakai adalah MS Office 2007).

Dengan menggunakan add ins ini, ketika kita ingin menyisipkan ayat-ayat suci Al Qur’an ke dalam tulisan kita, kita tidak harus diribetkan dengan copy paste image dari ayat dimaksud (dulu saya melakukan hal ini). Yang perlu kita lakukan, tentu saja pertama kita install dulu add ins tersebut, kemudian ketika telah selesai instalasi bisa langsung digunakan.

Penggunaannya dengan mengklik add ins Al-Qur’an dan tinggal pilih ayat yang akan kita sisipkan, apakah dengan arti dalam bahasa Indonesia ataupun dalam bentuk aslinya.

Quran In MS-Word

Ver 1.3

You can freely use and distribute this package but you are not allowed

to restrict the rights of others to freely use and distribute it.

USE THIS PACKAGE AT YOUR OWN RISK.

Ini sebagian ketika saya melakukan instalasi, tertera disitu kalau add ins ini gratis dan bisa didistribusikan secara bebas. Terima kasih untuk yang telah sharing program yang sangat bermanfaat ini… dan semoga keberkahan untuk kita semua.

Sedangkan untuk download, saya menemukan di sini (ada beberapa macam pilihan bahasa) atau bisa juga download langsung dari file yang saya upload ke mediafire

Pos ini dipublikasikan di Software dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Al Qur’an in MS Word [free add ins]

  1. OTTO djauhar berkata:

    Terima kasih atas bantuannya, semoga Allah selalu memberi Huddan kepada kita semua khusus buat anda Amiiin ya Rabbal alamiiin

  2. Anonim berkata:

    kebetulan lagi nyari nih,ketemu blog sampean,mohon izin donlot.apakah suport ms word 2010

  3. taufik berkata:

    gan nga isa gan ,, katanya accses violation at address 00409422 . Write of address 00401000
    Gimana cara Instalnya ….ada tugas nih

  4. Wawan berkata:

    Terima kasih infonya,saya sudah down load dan install. Mudah-mudahan jadi amal shaleh.

Tinggalkan komentar