Ideal dan Sehat


Ada beberapa macam saran latihan untuk mendapatkan perut sixpack. Di sini saya mengumpulkannya menjadi satu tulisan  untuk menjadikannya sebagai acuan saya ketika ingin mengingat kembali. Resolusi dari tulisan ini adalah #dalam waktu 2 bulan dari sekarang, badan saya menjadi ideal#. Badan ideal menurut saya lebih sehat, dan kalau lebih sehat kita bisa melakukan lebih untuk berkarya.

Dalam tulisan ini saya rangkumkan 3 program yang menurut saya sangat informatif. nantinya bisa dipilih salah satu dan ditekuni.

Langkah-langkah untuk mendapatkan perut sixpack:

Program pertama (berupa gambar):

1. knee ups

1. knee ups

2. leg raises

2. leg raises

3. cycles

3. cycles

4. reverse crunch

4. reverse crunch

5. leg on coach crunches

5. leg on coach crunches

6. hip trust

6. hip trust

7. cross crunch

7. cross crunch

8. reach and touch

8. reach and touch

9. cross leg reverse crunch

9. cross leg reverse crunch

untuk videonya:

Program kedua:

  1. Sit up dan push up secara rutin setiap kali beranjak tidur dan bangun tidur dengan takaran @20 x 6 (maksudnya 20 hitungan selama 6 sesi, tiap sesi selang-seling antara sit up kemudian push up dan tiap sesi diselingi istirahat kurang lebih 5 menit).
  2. Push up untuk membentuk dada sedangkan sit up untuk membentuk perut.
  3. Sit up terbagi dua yaitu:
  • Sit up pemanasan: sit up yang dilakukan tanpa aturan napas, cepat dan hanya berfungsi mengencangkan otot luar, biasanya untuk memperindah tubuh dengan bentuk sixpack.
  • Sit up otot dalam: sit up dengan aturan dan ritme napas yg berfungsi mengencangkan otot dalam dan organ tubuh bagian dalam. Biasanya untuk olahraga keras seperti thai box, kateda, free fighting dan yang paling utama untuk kesehatan. Memperkuat organ dan daya tahan sexual.

Sit up untuk otot dalam memiliki gerakan yang sama dengan sit up biasa hanya saja diiringi dengan aturan ritme napas yang teratur, dengan adanya aturan napas ini bukan hanya otot perut dalam saja yang kuat tapi juga  punggung & rusuk.

Caranya:

  • Lakukan sikap mulai sit up seperti biasa, terlentang letakan tangan di belakang kepala dan tenangkan pikiran.
  • Atur napas sehingga pada saat menarik napas adalah 7 hitungan, lalu tahan selama 2 detik dengan perut di tarik kedalam sedikit setelah itu buang selama 7 hitungan.
  • Setelah napas teratur maka tarik napas 7 hitungan lalu tahan setelah itu naik perlahan sehingga mencium lutut (bila mampu) lalu kembali terlentang perlahan setelah benar benar terlentang baru buang napas 7 hitungan, lakukan hal ini 5 kali untuk pertama mencoba.
  • Jumlah sit up diperbanyak sesuai kemampuan. Namun perlu diingat selama menarik dan membuang napas harus benar-benar dalam 7 hitungan karena efeknya bila tidak teratur akan sedikit pusing.
  • Setelah itu lakukan sit up leg rise (posisi V) dengan aturan napas yg sama.
  • Belajarlah menahan napas dengan baik dengan hitungan seperti di atas dalam keadaan bersila menghadap kaca sehingga Anda tahu bahwa otot leher anda tidak tegang dan usahakan selama menahan napas anda dapat berbicara seperti biasa.
  • Sit up lebih baik dengan posisi tangan di belakang kepala supaya beratnya jatuh ke belakang sehingga angkat perutnya lebih terasa.
  • Sebaiknya pemula melakukan peregangan dulu ketika bangun tidur baru sit up itupun dimulai dengan misalnya 5 kali lalu setelah tiga hari baru 8 atau 10 kali. ingat untuk jangan pernah memaksakan otot anda, otot bila terluka atau sobek maka akan lama untuk menyembuhkannya. Kebanyakan pemula yg melakukan sit up berlebih dari porsi seharusnya malahan mendapat otot perut yang kendor dan malah terlihat seperti buncit dan akan sulit mendapat sixpack.
  • Kalau lemak masih menumpuk sebaiknya latihan cardio terlebih dahulu (thread mil, renang, sepeda atau lari) untuk membakar lemak dan kurangi porsi makan yang berlebihan terutama karbohidrat dan cemilan. Buah dan sayuran diperbanyak. Dan jangan lupa perbanyak minum!.

Program ketiga

  • Sit up (Latihan untuk otot perut bagian atas)

Duduklah dikarpet lalu tekuklah kaki, Silangkan tangan di dada. Kencangkan perut, lalu turunkan badan ke bawah, tahan sebentar, lalu kembali ke posisi semula. Jangan melakukan gerakan sampai punggung menyentuh lantai. Lakukan gerakan dengan perlahan dan terkontrol. Saat kembali ke posisi awal otot perut tetap dikencangkan dan rasakan tekanan pada otot perut saat posisi badan mendekati paha. Untuk repetisi bisa coba 15-50 kali tergantung berapa kesanggupan Anda tapi untuk set pertama tidak usah terlalu banyak.

  • Leg raises (Latihan untuk otot perut bagian bawah)

Berbaringlah di bangku datar dan tangan berpegangan pada ujung bangku dibelakang kepala Anda. Dengan posisi kaki sedikit bengkok, angkat kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Tahan sebentar lalu perlahan kembali ke posisi semula. Usahakan agar kaki tidak menyentuh bangku.

  • Side to side (Latihan untuk otot perut bagian samping)

Berdiri tegap dengan kedua tangan memegang dumbbell. Posisi tangan lurus di samping badan. Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kiri sampai otot samping perut merasakan tekanan. Tahan sebentar, kembali ke posisi awal. Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kanan sampai otot samping perut merasakan tekanan. Kembali ke posisi awal. Saat tubuh bergerak ke samping jaga agar tubuh tetap tegak dan tidak membungkuk atau condong ke depan.

  • Lakukan ketiga gerakan tersebut secara teratur setiap hari, waktunya bias sebelum dan setelah tidur ataupun pada pagi dan sore hari.
  • “Hati hati jangan terlalu capek dan hindari beban terlalu berat, karena apabila terlalu berat bisa menyebabkan cedera pada pinggang.”

Sumber: kaskus (dot) us credit to: upil..ijo dan antonius03 dan uploader video

Pos ini dipublikasikan di Ilmu, Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s