Nokia 5220 XM [flashing and modding]


Berawal dari posting sebelumnya tentang upgrade firmware neng Shakira dan dilanjut dengan modding si hijau Chen. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman saya melakukan flashing dan modding dari hp Seri 40 versi 5 featured pack 2 (S40 v5 FP2) keluaran Nokia. Tentunya pertama harus kita kenal dulu mangsa kita, cek dengan menekan angka *#0000# hasilnya firmware versi 07.23 RM411 sudah paling update untuk 5220 XM.

Permasalahan utama yang mengharuskan hp ini diflashing adalah adanya “not enough memory” ketika memutar musik. Flashing menyelesaikan masalah tersebut. Tapi tidak berhenti di situ, keisengan saya jadi tertantang, otomatis lanjut dah modding si hp musik ini. Beberapa hal yang sukses telah saya lakukan adalah:

  1. Menambah dan mengurangi bahasa telepon dan bahasa penulisan sms menjadi Inggris, Indonesia dan Arab.
  2. Menambahkan menu home baru yaitu Orange Homescreen (1 dan 2 dilakukan dengan edit file ppm untuk nokia 5220 versi 07.23 RM411).
  3. Menambahkan tema/skin untuk pemutar musik, radio dan equalizer.
  4. Mengaktifkan fungsi peta/maps bawaan dari 5220 XM versi offline.
  5. Menambah tema baru, dan beberapa aplikasi serta game.
  6. Mengganti font (namun karena ada beberapa cacat, saya pakai lagi font bawaannya).
  7. Mencoba melakukan hacking untuk minimize aplikasi java (namun gagal) penyebabnya karena s40 v5 fp2 belum support, mulai support untuk fp3 ke atas. Sepertinya hack java permission juga gagal (mungkin sebabnya sama).

Peralatan dan software yang digunakan laptop, koneksi internet, kabel data (usb), karena kabel bawaannya udah hilang saya makai kabel usb si neng Shakira, Nokia PCSuite, JAF, PPMod, dan OxyCube (tiga terakhir bisa cek di link sumber saja beserta penjelasan langkah-langkahnya). Untuk sumbernya saya gunakan dari sini (1), namun dengan referensi dari situs dan forum lainnya (kebanyakan memakai bahasa asing non Inggris).

Ini hasilnya:

orange home screen

menu utama

music player theme

sms arab

peta/maps

File ppm untuk Nokia 5220 XM yang telah saya modding nanti saya upload kalau ada kesempatan.
Ini PPM editan saya untuk Nokia 5220 XM (2) dengan bahasa Inggris, Indonesia, dan Arab, support OHS font masih original, untuk file firmware (de el el) buat flashing bisa di sini (3)

link download via komentar

Pos ini dipublikasikan di Ilmu, Personal, Software dan tag , , . Tandai permalink.

62 Balasan ke Nokia 5220 XM [flashing and modding]

  1. m.ngafifi berkata:

    1. Referensi: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5051390

    2. PPM editan saya untuk Nokia 5220 XM dengan bahasa Inggris, Indonesia, dan Arab, support OHS font masih original –> http://www.box.net/shared/v9mgt4s90s

    3. File firmware (de el el) buat flashing –> http://btusers.com.ar/nan/nokia/

  2. kholis berkata:

    Wah mantapz sob. .
    Em q mu tnya ppm hsil editanmu sma enggak dgn gmbar yg di atas yg kmu tnjkan tdi. . .?
    Hp q jga sma kyak pnya u sob 5220xm. .
    Sblmx matur tenkyu…
    ^_^

    • m.ngafifi berkata:

      @kholis salam kenal sebelumnya,
      file ppm-nya nanti hasilnya sama untuk gambar nomer 1 sama 3, isinya ppm itu versi firmware terupdate dari Nokia 5220 XM, saya makai EURO kalau gak salah, terus saya tambahin bahasa Indonesia sama bahasa Arab.. (OHS masih berbahasa Inggris, jadi kalau pas setting bahasa Indo, nanti gak akan keluar tulisannya)
      Kalau gambar ke 2 itu modif thema, gammbar ke 4 saya aktifin fitur peta/nokia maps bawaan Nokia 5220 tersebut (peta versi offlineny)…

  3. kholis berkata:

    Mm… tpi sob paz q flashing kok tlsanx file corrupted.. .
    Q flashing pke JAF q centang PPMx sja trz normal mode lalu q flash tpi mlah tlsanx file corrupted…
    Log blh tauw kmu flashing pke aph. .
    Ma’aph log tnya trz. .
    Coz newbiew. .
    ^_^

  4. kholis berkata:

    Nulis pii gk pnya tgung jwb. .

  5. kholis berkata:

    Truz yang dicentang pa za sob?

  6. http://kholis21.xtgem.com berkata:

    Y thak jajal dlu. . Nanti log dh brhsil sya pztingqan ke almt kmu nieh.. . Sblmx thanks ats ptunjukx. . Sukses slalu. . . ^_^

  7. kholis berkata:

    Aqu iktin yg da di tlsan nak kaskus tuh gk bsa gan mlah
    q centang
    mcusw dan q gnti .c0r trz ppm q centang
    lalu manual factory sett normal mode
    CRT 308 q centang trz flash
    init usb comunication
    bla bla bla
    bla
    bla bla
    reading imei
    …..
    Back up failed
    back up CRT failed
    trz da box
    yg tlsanx plh lnjtkan ato tdak trz q yh eh mlah gk bsa…
    Hpx is dead…
    Trz w coba lgi dgn total flash
    sma ja gan…
    Stats
    hp q msh idup w cpot btrex trz w pzang w idupin mau idup…
    Tpi dong gan tiwas no tdi q k warnet..
    Byar 10rb lgi hah…
    Bgmna gan tlong pncerhanx..
    N solusx..

    • m.ngafifi berkata:

      kalao matot, coba pake flash untuk hp mati total, ada langkahnya juga..

      coba dulu, ikutin langkah2nya dengan bener.. aku juga awalnya gagal, tapi stlh kuulang dengan hati2 berhasil kok..

      coba tanya sama ahlinya yang di kaskus itu, mereka biasanya njelasin dengan lebih bagus daripada aku..

  8. dimas berkata:

    Maz, tlong donk, jelasin langkah2 dari awal step by step gitu mz,.. cz q kebingungan nih, gmn cara flashing ulang,… Nokia 5220 XM RM-411,..
    Trus saya punya software JAF tp koq gk bisa d jalankan ya,.. Lappy saya Windows 7
    Tolong ya mz,.. trus file2 apa saja yg perlu saya download?

    • m.ngafifi berkata:

      Sebenarnya isi blog ini bukan tutorial sih, tapi selalu saya cantumkan juga embel-embel sumbernya..
      Jadi mending langsung ke sumbernya aja mas..

      Lebih mantab..🙂

      link sumber di koment pertama.. silahkan, di situ sudah runtut dan urut-urut…
      sebelum mencoba ada baiknya baca dulu pelan-pelan gak usah buru-buru.. good luck

  9. kholis berkata:

    Home screenya gk jdi gan….
    Mlah jdix biasa ja y kyk home screen bwa’an idtu….
    Trz q nyoba ja gnti font eh trnyta brhsil…
    Q pke font desyrel…

  10. kholis berkata:

    Trz satu lgi gan cra aktfin peta offline,,
    ma gnti skin pemutarmusikx gmna..?

    • m.ngafifi berkata:

      kalau nambah skin pemutar musik saya cuman pake OxyCube. Cari dulu skinnya di internet, kemudian masukkin ke folder yang sesuai.. udah gitu aja..

      terus kalau peta offline, ane lupa sumbernya gan.. hehe

      *oiya, itu hape adek saya, ane udah gak pegang lagi hape itu makanya lupa2 ingat..🙂

  11. sinandhi berkata:

    good gan!

  12. ajiputera berkata:

    sekedar tanya ..
    hape sama 5220xm ..
    file asli yg dimemori telpon hilang ..
    kalo mutar musik muncul tulisan “not enough memory”
    padahal udah diservis 2x ..
    itu kenapa ya?
    tolong bantuannya ya ..

    • m.ngafifi berkata:

      “katanya” ada kesalahan atau kerusakan di software.. solusinya “katanya” di flash mas.. semacam instal ulang kalau di komputer..
      hape adek saya kemarin masalahnya juga seperti itu setelah di flashing akhirnya sembuh juga🙂

  13. sinandhi berkata:

    mas, saya jg sama sperti kasusnya ajiputera, awalnya sih ga’ pa2. tp waktu beterai dicopot lama malah semua aplikasi hilang semua.
    mau pake’ phoenix malah error.
    tlg solusinya

  14. kak,,,,,,ane dah coba flah ampe 3 x………dn smuana brhasil tp hp cma brtahan 3 mingguan and rusak lg dan harus di flash lagi,,,,,,,,,,,,dan sialnya pas yang ketiga kalinnya rusak ada tulisan “contack service” di hape….hp gx mau boot,,,,,,,,,,,,,, sya coba flash lagi…. tp gx jadi….gx ada perubahan……………
    yg aq tanyakan……..
    1. kenapa kok cma bertahan 3 mingguan stlh itu rsk lg???
    2. Solusinya gmn byar hp q bsa di flash dan jdi lg???

    Mohon pencerahannya………………….Aku tunggu.
    thx

    • m.ngafifi berkata:

      hemmm.. sebenere aku bukan teknisi hape deh..🙂
      kalau bertahan sampe 3 mingguan aja terus rusak lagi, aku kurang begitu ngerti penyebabnya..

      yang kedua, mungkin bisa dicoba untuk flashing khusus hape matot (liat di link kaskus yang udah aku tuliskan)

  15. klo yang itu mah dah aku coba 3x, hmmm jdi gmn ya solusinya,

    waw sma2 gx tau., Q pasrahin ke teknisi aja lah…., thx ya gan partisipasinya,,, ^^

  16. nugroho berkata:

    Dab alamate d mana, ak service ke st ja hpku 5220 xp

    • m.ngafifi berkata:

      byuh byuhhh.. ane bukan tukang serpis mas dab🙂..
      kemaren2 cuman iseng aja gara-gara hape adek yang suka ngehang.. udah lama gak pegang hape itu.. coba2 googling aja masdab, sekalian nambanh ngelmu🙂

      piss

  17. Saan berkata:

    Minta link maps nokia 5220 donk, n jlasin cra y step by step, mksih sblum y, krim via email

  18. Anonim berkata:

    File PPM nya ngga bisa di buka .. cara ganti font seperti yang mas kholis bilang ? makasih

  19. Bore Dom Mist berkata:

    manghap. apik ppm_a mas eeee.. makasih banyak mas.
    mapnya dimana gan?
    yang hack java permision ga bisa lagi tuh

  20. Syukron jamiel berkata:

    Bro gmana caranya? Gue blum paham, hp gue juga kayak gitu, kalo mau mutar musik “memori tidak cukup” gmana cara benerinnya bro? Please dbantu ea, mksih bro

  21. Syukron jamiel berkata:

    Punya gue juga kex gt, bantu d0nk

  22. Anonim berkata:

    gan kasih tau ganti ppmnya aq cuma bisa ganti firmwarenya donwload ppmya d mana

  23. orikay berkata:

    Ikutan tanya gan….
    adek ana juga pake 5220 xm karena masalah gak ada tampilannya kecuali layar putih doang, gak sengaja ana ganti ma kartu axis eh…ternyata nyala dan normal (waktu itu adek ana ganti ma xl), karena adek ana udah ada hp baru akhirnya gak di pake lagi tuh hp, dari pada nganggur mending ana pake, eh…. dua bulan ana pake, pas lagi punya memory 2gb dan kirim lagu dari hp adek ana, langsung hilang semua file dan layar kembali putih, ana restar lg, hidup sih…… tapi theme hilang dan semua file hilang kecuali yang di memory card, dan file musik yang ada di memory card ga bisa dibuka dengan tulisan “memori tidak cukup”.

    ana udah flas dan install ulang softwerenya, cuman gak bisa putar lagu dan video. Ana pake oxycube tapi gak tahu caranya…..

    ada solusi gak nih gan…..

  24. danz0u berkata:

    Pengen nyicip gan.
    Tapi ane newbie……T_T
    bole minta panduan lengkapnya?

  25. Fahmi.khey berkata:

    Permisi sob mau tanya.
    aku kepengen pakein hp nokia 2700c, dengan Orange Home Screen. Gak mngkin q lngsung pkai editan 5220 xm, jdi kmaren sob ngedit sndiri kah? gimna caranya?

  26. Anonim berkata:

    gi mana caranya flasing hp nokia 5220 yang hidup hax tulisan nokia trus

  27. Anonim berkata:

    Jaf itu apa ?

  28. Galang Setiawan berkata:

    minta email lu gdong fifi. mw nnya lewat email aja

  29. jackie berkata:

    tolonggg gann hpku ada kaya file rusak d tengah layar ndag mau ilang..
    gi mana cra mengatasinya gann plisss…

  30. Anonim berkata:

    PKEY Emulatornya gag berfungsi di windiws 7 gan……terus RMx ditaruh dimana?????

  31. Anonim berkata:

    PKEY Emulatornya gag berfungsi di Windows 7….terus RMx ditaryh dimana????

  32. Anonim berkata:

    gan bisa share link download software software nya, itu kaskus nya yg dulu ya

  33. Aldi nuari berkata:

    Ynk terbagus ajja

  34. Anonim berkata:

    kalo tukang servis bertanya bukan di sini, ketik saja djawir, indoflsser,syukur nek mudeng flasher, langsung punnya akun revo suport,,,, gak mbulet koyo bolah mbundel,,,,sinau makane, pinter gk ndwe guru dedel…..

  35. djee berkata:

    File ppm nya bisa di reupload gak gan?

Tinggalkan Balasan

