mengetahui jenis kelamin unggas ketika masih menjadi telur


Sekedar ingin berbagi tips yang pernah saya praktekkan ketika belajar biologi di SMP dulu. Tentang bagaimana mengetahui jenis kelamin unggas ketika masih menjadi telur.

Kadang ketika kita mempunyai telur unggas dan ingin memelihara unggas (ayam, bebek, entok dan lain-lain) dengan menetaskan telur tersebut, kita ingin agar unggas yang kita pelihara tersebut hanya jantan saja atau betina saja atau campuran dari jantan dan betina dengan proporsi jumlah yang kita inginkan. Yang jadi masalah adalah, awalnya, kita hanya bisa mengetahui jenis kelamin dari unggas yang akan kita pelihara setelah menetas dari telurnya bahkan untuk kondisi tertentu kita baru benar-benar tahu setelah beberapa minggu setelah menjadi anak unggas.

Dengan cara ini, hal tersebut bisa diminimalkan, yaitu dengan mengetahui jenis kelamin dari calon unggas ketika masih menjadi telur. Akan menjadi jantan-kah atau betina-kah nantinya.

Sebelumnya, persiapkan dahulu alat dan bahannya:

  1. Telur unggas;
  2. Benang jahit/benang nilon sepanjang kurang lebih 30-50  cm;
  3. Emas, dengan kadar karat 22-24 karat, 0,5 gram atau lebih, bsa pake giwang, cincin, gigi emas;
  4. Spidol;
  5. Unggas betina atau bisa juga menggunakan mesin pengeraman (lampu).

Cara praktek:

  • Pertama-tama, ikat kuat emas dengan menggunakan benang.;
  • Ambil telur, pegang dengan telapak tangan terbuka namun jangan sampai jatuh telurnya;
  • Setelah itu, emas yang sudah diikat dengan benang tadi digantungin di atas telur, pegang ujung benang dengan posisi emas tepat di atas telur.

Kesimpulan:

  1. Emas akan diam saja jika telur tersebut embrionya telah mati dan walaupun dierami tidak akan menghasilkan anakan
  2. Emas akan bergerak-gerak jika embrio masih hidup, ada dua gerakan yaitu memutar dan bergerak bolak-balik dengan arah sejajar
  • Jika emas bergerak memutari telur – maka telur itu calon BETINA.
  • Jika emas bergerak bolak-balik dengan arah sejajar, maka telur itu calon JANTAN. (NEED RECONFIRM HERE).

Agar eksperimen berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tandai telur unggas yang diprediksi akan menjadi jantan dan betina dengan menggunakan spidol. Kemudian biarkan telur-telur tersebut dierami ataupun dengan menggunakan mesin pengeraman.

Semoga bermanfaat.

(dipindah dari blog-ku sebelumnya dengan sedikit penyesuaian)

Pos ini dipublikasikan di Ilmu dan tag , . Tandai permalink.

16 Balasan ke mengetahui jenis kelamin unggas ketika masih menjadi telur

  1. Anonim berkata:

    GOOGLE
    slm knl gmna pengturan suhu pada mesin penetas proses waktu penetasan? trims

    • m.ngafifi berkata:

      Salam kenal jua..
      pertama, jujur aja saya bukan peternak unggas (as a pro)🙂 jadi kurang begitu paham soal penetasan dengan mesin penetas..
      mungkin diukur dengan termometer ruang dan penyesuaian berapa jumlah sumber panas (bohlam atau yang lain) yang digunakan CMIIW

      saran saya kalau mau bener-bener belajar tentang penetasan, coba cari-cari bahan dari buku di perpustakaan atau datang langsung ke peternakan (sekalian membangun relasi)🙂

  2. tris berkata:

    kenapa harus menggunakan emas….?apa logam lain bisa digunakan,,….?
    salam kenal

    • m.ngafifi berkata:

      soal kenapanya, saya sendiri belum menemukan sebabnya kok emas bisa bereaksi seperti itu terhadap telur..🙂
      coba tanya ke mahasiswa jurusan kimia atau biologi.. tapi saya pernah mencoba emang bisa gerak-gerak sendiri (dengan catatan telurnya bukan telur mati)

      btw, salam kenal juga yaaa🙂

  3. Anonim berkata:

    lam kenal pak, sy coba praktekkan ketelur puyuh kok g bisa ya, emasnya bergerak tp ber umah2,
    sapa tau da cara lain tlg disenging gan ………
    nuwon

  4. arifin berkata:

    lam kenal gan, n mo tanya, sy praktekan ke telur puyuh kok g bisa ya, emasnya bergerak ber ubah2,kadang baju mundur n sy coba lagi bergerak melingkar,
    klo ada cara lain tlg disering gan
    nuwon

    • m.ngafifi berkata:

      Salam kenal Mas Arifin.

      Wehh.. kok gitu yak? hemmm.. udah mas coba di telur unggas yang lebih besar? Jika pada telur unggas yang lebih besar apakah hasilnya konsisten atau sama2 berubah2 juga seperti pada telur puyuh?

      Untuk Anda ketahui, ini dulu hanyalah eksperimen saya waktu di SMP, sampai saat ini saya juga belum pernah nyoba lagi.. Dulu saya makai telur ayam kampung Mas..

  5. resha berkata:

    ga msuk akal

  6. Defri berkata:

    Lam knal gan,klo aq sh lhat ja telurnya klo ujung telurnnya ke2nya bulat kemungkinan jantan tapi klo slah satu ujung telur bulat agak runcing berarti betina,gtu ja rpot oae,,

    • m.ngafifi berkata:

      om defri udah ahli, jadinya bisa gitu kali..
      ternyata banyak yg komplain kalau kebolak nih om.. laporan hasil praktek dong kalau ada

  7. Nengah Adnyana berkata:

    ga kebalik mas???
    saya pernah baca bila yang bolak-balik ato sejajar justru yang jantan, dan yang memutar adalah betina

    • m.ngafifi berkata:

      Lagi coba di re-research mbak.. saya juga jadi bingung begitu hasil dari anak saya yang ternyata perempuan🙂..

      kalau udah ada hasil pastinya nanti saya benerin deh🙂..

      yang jelas, emas dan telur digabung bisa menciptakan ilmu yang bermanfaat

  8. mngafifi berkata:

    REVISI:

    Sepertinya pernah ada sedikit kesalahan pada saat saya editing awal post di blog ini antara mana gerakan yang menunjukkan jantan mana yang betina.
    Untuk meminimalkan kerancuan, posting ini pernah saya blok dari publik, hari ini saya sempatkan edit untuk kemaslahatan yang lain. Bisa dibuktikan dan kalau berkenan kirimkan hasilnya biar ada data yang bisa mendukung.

    Berikut ini adalah revisi sekaligus konfirmasi berdasarkan apa yang terjadi (isi posting sudah saya sesuaikan).

    Gerakan MEMUTAR – BETINA.

    Gerakan SEJAJAR – JANTAN.

    Sudah saya buktikan ke kandungan istri waktu itu, gerakannya MEMUTAR – dan ternyata anak saya CEWEK.

  9. Purnama berkata:

    Bisa jadi bahan praktik tugas karya ilmiahku.. ijin kopas ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s