Save Lives – Clean Your Hands


Mencegah lebih baik daripada mengobati – itulah slogan yang tak akan lekang oleh zaman. Sangat relevan dengan tema kesehatan, saya sebagai seorang ayah sepertinya harus mulai mengajarkan hal ini ke anak saya.  Hal pertama yang perlu kita pahami adalah sebagian besar perpindahan kuman, bakteri dan penyebab penyakit lainnya adalah melalui sentuhan -tangan-. Jadi, mulai sekarang bersihkan tangan Anda sesering mungkin!

Berdasarkan pada apa yang dikampanyekan oleh WHO, ada dua cara membersihkan tangan, pertama dengan mencucinya, yaitu ketika terlihat dengan mata telanjang tangan kita kotor tentu saja tujuannya untuk membersihkan. Kedua, saat tangan kita kelihatan “bersih” -yang sebenarnya sangat mungkin tidak- hal ini dilakukan agar tangan kita lebih higienis dan mencegah kuman berpindah ke tubuh kita melalui sentuhan.

Oke, kita fokus pada yang kedua ya.. how to rub your hands for hand hygiene!

Durasi aktivitas ini kira-kira 20-30 detik.. Saya bawakan gambarnya ke sini yaa, sepertinya lebih mudah dipahami dengan gambar daripada saya jelaskan secara verbal.🙂

Monggo diperhatikan..

sumber: WHO

Membersihkan tangan dengan cara ini sebaiknya dilakukan sesering mungkin terutama sebelum aktivitas makan dan minum. Hal ini juga penting setelah kita melakukan kontak dengan segala sesuatu yang diduga bisa menjadi sumber penyakit, tau kan sekarang lagi banyak penyakit yang penyebarannya dengan kontak fisik dan atau perpindahan cairan dari penderita? ebola misalnya?. Jadi berhati-hati tidak ada salahnya kan?

Hehehehe.. semoga bermanfaat yaaa…

Salam–

Pos ini dipublikasikan di Ilmu, Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s