Telepon Irit ke Indonesia dari Australia – Skype


Semenjak saya tinggal di Australia, salah satu concern saya adalah bagaimana berhubungan dengan keluarga di Indonesia. Saya telah mendapatkan solusi untuk keluarga yang ada di Cisauk, Kab Tangerang, yakni dengan menggunakan fitur VOIP dan video call dengan menggunakan skype. Namun, bagaimana dengan keluarga besar saya yang lain? yang belum terkoneksi dengan internet yang bagus? Bagaimana saya mesti menelepon mereka? Soalnya, bagi saya nge-plan ataupun pakai pulsa mobile operator masih terlalu mahal.

Beberapa bulan lalu saya coba menggunakan layanan glondongannya (pake subscription) dengan paket unlimited selama sebulan untuk fasilitas telepon ke Indonesia, waktu itu kalau ga salah harganya kurang lebih 16 AUD. Namun apa mau dikata, ternyata paket itu hanya berlaku untuk beberapa negara terpilih sahaja seperti di gambar bawah ini -Unlimited World-. Untungnya, ada fitur refund yang dengan mudahnya mengembalikan dana saya kembali menjadi pulsa (credit) skype dan bisa saya gunakan dengan fitur Pay As You Go (waktu itu ratenya masih 7 cent/menit dengan tambahan 9.6¢ untuk connection fee) -> kalau diitung itung sih bisa 15 sen per menit.

skype 1

Hari ini, 27 April 2015 ketika sedang asyik skype-an dengan keluarga kecil saya, berharap bisa melihat tingkah polah si kecil namun agak kecewa karena ayahnya dicuekin dan dia milih muter-muter dalam rumah sambil nonton Upin-Ipin.. Akhirnya dalam pandangan nanar, saya coba cek sisa credit skype saya dan berujung iseng ngecek opsi subscription skype, itu bocahnya pas lagi nongol saya print screen. . Saya tercengang, ternyata sekarang ada opsi subscription ke Indonesia dengan harga yang lebih murah. Tarif telepon ke Indonesia dari Australia per 60 menit dalam 1 bulan adalah 3.39 AUD kalau diitung per menitnya jadi 4.8¢ udah net. Menurut saya jauh lebih murah dibandingkan harus nge-plan ke operator-operator terkenal di sini layaknya Optus, Vodafone, ataupun Telstra. Syaratnya cukup punya koneksi internet, gadget dengan skype installed on it, dan beberapa dolar Ausi buat subscriptionnya.

skype 2

Voila.. sekarang saya bisa menelepon Mbok e dan Pak e serta keluarga di Cempan yang belum terkoneksi dengan internet cepat dengan mudah dan murah.

Thanks,

Pos ini dipublikasikan di Personal, Software dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

