Save as PDF or XPS [office add in - convert pdf]


Beberapa bulan yang lalu, adik saya yang telah menyelesaikan skripsinya ada masalah mengenai konversi word menjadi format pdf. Katanya untuk keperluan kampus diminta setiap hasil skripsi agar di-pdf-kan dan dikirim ke kampus. Namun pada saat yang sama komputer di rumah sedang rusak. Akhirnya adik saya inisiatif bertanya ke beberapa rental di sekitaran kampus mengenai konversi word ke pdf tersebut, katanya untuk mengkonversi dari file .docx menjadi file .pdf ada biayanya dan lumayan mahal. Akhirnya saya minta agar dikirimi file skripsinya via email dan kemudian saya konversikan menjadi pdf. Waktu itu saya menggunakan Adobe Acrobat Profesional untuk mengkonversikan.

Nah yang akan saya bahas sekarang bukanlah mengenai Acrobat Profesional tersebut (softwarenya gede dan terlalu ribet jika hanya untuk mengkonversi menjadi PDF saja), melainkan tentang semacam software – bisa dibilang seperti itu -, lebih tepatnya merupakan update-an/suplemen dari micr*s*ft untuk software officenya. Namanya Office 2007 Add-in: SaveAsPDFandXPS, dengan menggunakan ini kita bisa melakukan export dan save as file office menjadi format PDF maupun XPS. SaveAsPDFandXPS ini bisa dipakai untuk semua varian office mulai dari word, excel, powerpoint, visio, dan lain-lain.

This Micr*s*ft Save as PDF or XPS Add-in for 2007 Micr*s*ft Office programs supplements and is subject to the license terms for the 2007 Micr*s*ft Office system software. You may not use this supplement if you do not have a license for the software

Kelebihan converter ini dibandingkan converter lain yang free adalah tidak ada embel-embel nama software ataupun watermark dari hasil convert-annya alias bersih mulus persis seperti format aslinya.

Langkah-langkahnya:

Pertama, kita download update atau suplemen tersebut bisa di sini (box.net) ataupun di sana (dari microsoft) kemudian instal suplemen tersebut (pastikan Anda menggunakan Office 2007). *catatan: hati-hati bagi yang menggunakan office pak tani🙂 risiko tanggung sendiri.

Selanjutnya, buka dokumen file office (doc/docx (word) xls/xlsx (excel) ppt/pptx (powerpoint) maupun dokumen office lainnya) yang ingin Anda ubah formatnya menjadi pdf.

save as pdf or xps

Terakhir, klik tombol Office Button –> pilih Save As –> pilih PDF or XPS dan klik publish

Dan, selesai🙂

Pos ini dipublikasikan di Software dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s