Pengalaman dengan Jerawat-Acne-Kukul [cara mengatasi]


Pengalaman pribadi nih, saya share agar bermanfaat bagi yang lain. Mengenai jerawat-acne-ataupun kukul (red: bahasa jawa), itu tuh yang suka nongol di bagian wajah imut-imut ngegemesin😛 (kalau satu mah iya, lah kalau banyak?). amit-amit dah.. Jerawat biasanya muncul setelah masa puber baik pada pemuda maupun pemudi (halah :-P) soalnya saya belum pernah melihat jerawat pada anak-anak.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia jerawat adalah:
je·ra·wat n bisul kecil-kecil berisi lemak, terutama pd muka;
— batu jerawat yg besar dan keras;
— nasi jerawat yg kecil (apabila dipijit keluar benda putih spt butiran beras);

Banyak sudah teknik dan cara serta pengobatan yang telah saya lakukan, akhirnya sembuh juga saya dari masalah jerawat ini. Alhamdulillah😀.

Saya rangkumkan saja ya inti-intinya:

  • Jaga selalu kebersihan wajah caranya ya harus rajin membasuh muka. Baik dibasuh dengan sabun yang cocok dengan PH kulit Anda (*peringatan: jangan menggunakan produk scrub karena cara kerjanya seperti memarut, gunakan sabun yang lembut saja) bisa juga cukup dengan menggunakan air bersih. Acara basuh muka ini pastinya harus rutin terutama menjelang tidur ataupun sehabis bepergian jauh. *wudhu sepertinya juga termasuk yahhh..😛.
  • Air putih 2 liter sehari (diminum!), air merupakan elemen terbesar dalam tubuh (hampir 70%). Memepercepat perputaran air dalam tubuh juga bakalan menyehatkan dan nantinya akan berdampak pada jerawat yang Anda elus-elus tiap hari itu.
  • Berkeringatlah dengan berolahraga (*sekalian membakar lemak :-P)
  • Jauhkan stress dari diri Anda, kalau ada stress yang coba-coba mendekat, segera usir jauh-jauh. Hajar duluan kalau perlu (anarkis :-D)
  • Yang terpenting lagi, jangan pernah memencet jerawat seberapa imutnya dia. Biarkan dia meletus sendiri. Hal ini agar tidak meningggalkan bekas nantinya ketika Anda sudah terbebas darinya.
  • Atur pola makan Anda, kata orang makanan berlemak mempercepat pertumbuhan jerawat. Dan sepertinya itu benar untuk kasus saya :malu. So, makanlah sesuai kebutuhan dan sesehat mungkin. Buah-buahan sangat dianjurkan (jauhakan gorengan dan penggorengan dari Anda).

Itu beberapa usaha saya, tambahan usaha yang telah saya praktekkan (*butuh modal):

  1. Melakukan pengasapan (dengan menguapi wajah dengan uap air panas, kemudian membersihkannya, dan terakhir ditutup dengan pembasuhan muka dengan air dingin)
  2. Dengan menggunakan air belerang ataupun sabun yang mengandung belerang ataupun sulfur.
  3. Dengan meminum ramuan herbal tradisional ala China (beli di pecinan Muntilan –Kincat-) ataupun dengan menggunakan kunir yang diseduh air panas kemudian diminum hasil seduhannya.
  4. Menggunakan madu murni, dengan dioleskan maupun diminum (*yang meminum madu sampai sekarang masih saya lakukan, bukan untuk jerawat namun untuk menjaga stamina) caranya dengan menuangkan sesendok madu dalam segelas air hangat kemudian diaduk dan diminum tentunya.
  5. Dan yang terakhir, saya menggunakan obat-obatan kimia yang dikemas dalam bentuk topikal solution yang mengandung antibiotik semisintetik yaitu clindamycin phosphate. Saya dapatkan di apotik dengan harga Rp34.000,- dengan merk Medi-Klin (maaf saya sebut merk bukan berarti mempromosikan, melainkan ketika saya tanya ke apotekernya yang ada kandungan clindamycin adalah merk tersebut). Dan yang saya pakai adalah yang berbentuk cair, bukan yang berbentuk gel.

Alhamdulillah setelah menggunakan obat tersebut jerawat dapat saya basmi. Efeknya menurut saya juga tergolong sangat cepat. Sempat takut juga bakalan berefek samping karena dalam kemasannya tertulis harus dengan resep dokter. Namun ternyata tidak, dan wajah saya sekarang jauh lebih mulus… (dan bersinar cerah… malah kayak iklan ki piye!).

Saya tuliskan cara kerja obat yang saya salin dari kertas petunjuk penggunaannya deh:

Cara kerja: Clindamycin phosphate adalah suatu ester yang secara invitro tidak menunjukkan aktivitas namun invivo akan cepat terhidrolisa menjadi clindamycin yang aktif sebagai anti bakteri. Secara invitro, clindamycin menghambat pertumbuhan Propionibacterium acnes dan dapat menurunkan jumlah asam lemak bebas  di permukaan kulit dari 14% menjadi 2%.

Indikasi: mengobati acne vulgaris

Semoga bermanfaat…
link mengenai clindamycin
link mengenai Medi-Klin

*catatan tambahan: produk clindamicyn ini berupa topikal solution, cara penggunaannya hanya dioleskan tipis-tipis ke kulit.. [jangan diminum!]

Pos ini dipublikasikan di Ilmu, Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

48 Balasan ke Pengalaman dengan Jerawat-Acne-Kukul [cara mengatasi]

  1. Fajar berkata:

    Saya sudah pakai hampir semua, o’gx smbuh2ya’?

    • m.ngafifi berkata:

      salam kenal sebelumnya..

      sebenarnya yang lebih penting adalah pola makan dan kebersihan wajah serta segala yang bersentuhan dengan kulit wajah.. oiya, hindari pemakain sabun yang fungsinya memarut (scrub)

  2. alyudha berkata:

    mase masi jerawatan ora saiki ? picture pls🙂

  3. adultacttf berkata:

    , , , ,

  4. cokgaleh berkata:

    td bis ke dokter kulit,dpt obat medi klin(yg gel) mdh2.an ada perubahan yg baik.. amiin
    thx info.y..

  5. Mualim Arief berkata:

    Mugo-mugo q waras
    Amien ea robbal alamin…

    Cah:jaty CommUnity

  6. arman berkata:

    mas waktu smpean kena penyakit kukul, itu kukul batu ap kukul nasi?

    • m.ngafifi berkata:

      Wah kurang tau ya, kukul batu atau nasi aku ngga terlalu paham… tapi ngga sembuh2 sih waktu itu..
      Penyebabnya menurutku kemungkinan besar karena pola makan dan kebersihan wajah (wajahku berminyak, sehingga mudah kotor) deh.
      Tapi kalau ada duit, coba konsul ke dokter dulu aja, jangan sembarang pakai obat, atau pembersih, takut nggak cocok dan malah nambah parah mas berow..🙂

  7. bengeb berkata:

    mas , konsul di dokter umum bisa gak ? hehehe

  8. bengeb berkata:

    bos kalo boleh tau situ dulu pake sabun cuci muka apa ?

    • m.ngafifi berkata:

      ane pake cl*an and cl*ar yang warnanya kuning, dan pastikan jangan terlalu sering digaruk atau dielus-elus pake tangan, kalau berminyak, cepet nempel kotorannya

  9. rendybryanfirston berkata:

    gan, kalo ane pakai tuh kayak Clean n clear deep action cleanser…?
    itu gimana yah?
    itu ada scrubnya..
    tapi habis itu muka jadi tambah halus..
    Tapi malah tambah banyak jerawatnya besoknya..
    thx infonya….😀

  10. Anonim berkata:

    . . Klau pnas” hbis pergi jauh kan bisa tratak’en

  11. Cilcia berkata:

    Wah bermanfaat bngt tuh

  12. Anonim berkata:

    Medi-Klin itu bisa buat yg jerawat nasi ato whitehead (komedo putih) ga?

  13. siti berkata:

    mas brp lama penYEMBUHANNYA ?

  14. Anonim berkata:

    Bos, makan makanan yang digoreng(ayam goreng, cumi goreng tepung dsb) berpengaruh ga’??,
    Satu lagi, katanya kalau makan makanan yang banyak mengandung kecap bisa bikin bekas jerawatnya ga’ bisa hilang, bener ga bos??,,

  15. Anonim berkata:

    Makasih bro atas informasi nya

  16. diora berkata:

    obat nya di oleskan ke muka / di minum clindamycin phosphate nya

  17. Waskito berkata:

    Sippp😀
    Punya gua banyak banget nih,
    Tapi untung kecil2

  18. galang permana berkata:

    mas kira2.,pembersih apa saja yangcocok untuk menghilgnkan kukul/bekas kukul ?

  19. Anonim berkata:

    Mator suwon …

  20. M nabil alfi berkata:

    Mator suwon informasine broo (“_”) knjung balik broo….

  21. Bagas Rsd berkata:

    Mas gimnanya cra mnghilagkn jrwt dn kukul it?

  22. pungki berkata:

    wah pengalaman gan gokil dn sgt membntu unt referensi.. Thanks ya😀

  23. Anonim berkata:

    thanks gan infonya

  24. Sesu Syawalana berkata:

    kalau jerawat nasi obatnya apa mas ??

  25. Anonim berkata:

    makasih…. agak lucu

  26. Tary berkata:

    Klo kukul dbdn jg ap obtnya

  27. Anonim berkata:

    Kalau buat ngilangin bekas jerawat apa yaaa yg cocok😦

  28. Mesi muldiyanti berkata:

    Bisa kah muka ku bersih dan mulus dari jerawat karna aku sudah bosen di katain aja jerawat

  29. Anonim berkata:

    Kukul saya banyak nih tapi kecil kecil bagaimana cara menghilangkannya mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s