Theme K660i (Chen) – Garuda


Iseng saya kumat lagi, setelah melakukan upgrade firmware SE K660 milik adik saya, ekh keterusan sama mainan baru, yaitu modding dan editing K660. Ternyata hp dengan platform java pun bisa dioprek, dan software yang digunakan sebenarnya sudah beredar di dunia maya sejak tahun 2008-an, saya aja yang kurang mengikuti (gak gahoooll).

Modding, rooting, hacking, opreking istilahnya macam-macam sih, tapi dari yang saya tangkap hal itu intinya adalah untuk mendapatkan privilages sebagai super user/administrator dari sistem yang digunakan. SE K660i berplatform A200 keluaran awal dari Sony Ericcson (kurang paham apa maksudnya :-P).

Beberapa software yang dibutuhkan untuk modding antara lain:

  • A2Uploader dan Gordon Gate di sini (isinya a2uploader.exe dan ggsetup-2.2.0.5.exe)
  • Komputer yang telah terinstall PC Companion ataupun SEUS (*nggak tahu perlu beneran nggak atau mungkin agar perangkat telepon genggam tersebut dikenali oleh komputernya -dibutuhkan drivernya-. Ubek-ubek aja website SE

Opsional:

  • Media Player Skinner (A2_Media_Skinner.rar) untuk mengubah tampilan media player SE K60i
  • SE Theme Creator bisa di softpedia soalnya program ini freeware, untuk mendesign theme sendiri.

Karena bahasan tentang theme, setahu saya ada dua macam theme dari SE yaitu yang biasa dan yang menggunakan flash (.swf). Yang biasa cukup dengan menggunakan file .thm yang bisa dibuat sendiri ataupun download di internet kemudian masukkan ke sdcard dan tinggal pasang.

Sedangkan yang kedua adalah yang menggunakan theme flash, selain menggunakan file .thm juga menggunakan file flash (halaman menu utamanya lebih bagus) berupa file .swf. Untuk file .thm sama seperti cara pertama, namun ada tambahan .swf yang harus dimasukkan ke dalam sistem telepon (di sinilah peranan A2Uploader untuk modding). Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ekstrak file flash theme (.thm dan .swf) yang telah didownload dari sini atau dari sono
  2. Install ‘ggsetup-2.2.0.1.exe’ yang telah didownload sebelumnya
  3. Buka program A2Uploader -programnya portabel
  4. Matikan HP (cabut baterai kemudian pasang lagi), tekan dan tahan tombol “C” (tombol back) berbarengan dengan menyambungkan SE K660 ke komputer menggunakan kabel data. Tunggu hingga muncul tulisan ‘Ready’ (kolom kiri bawah) dan muncul beberapa folder pada kolom sebelah kanan program A2Uploader.
  5. Klik File System Tool
  6. Buka folder tpa\preset\system\desktop\flash.
  7. Drag file .swf yang sudah di ekstrak tadi kedalam folder flash
  8. Klik ‘Shutdown (F5) File Manager
  9. Cabut kabel data kemudian hidupkan kembali SE K660 Anda
  10. Copy file .thm ke K660 dengan bluetooth ataupun kabel data ke dalam sdcard dan set theme dah…

Ini hanya salah satu bentuk modding, modding sendiri tidak sebatas ini, namun bisa macam-macam, bahkan mengganti menu default, menambah bahasa penulisan sms, mengganti ringtone default bawaan de el el. Yang harus Anda pastikan adalah: letak direktori yang diedit adalah benar (buat back up dari file yang akan Anda modding).

Oiya, kalau mau membuat sendiri theme Anda ataupun mengedit theme yang sudah ada, bisa menggunakan SE Theme Creator dan MPSkinner yang ada di atas. Ini tampilan hasil editan saya dengan mengunakan kedua alat tersebut (masuk kategori pertama/tanpa flash). File theme- Garuda.thm (untuk hp SE dengan ukuran 240 x 320).


Sumber: berbagai macam sumber web dan forum SE (terutama pujowibowo.wordpress.com, mashardi.staff.uns.ac.id) thanks
Gambar: diambil dari google (kepak garuda)

 

Bonus: bagi yang mencari games-games java untuk hp dengan layar 240 x 320 saya kasih triknya, cari di google dengan keyword “site:mediafire.com 240 x 320 jar” tanpa tanda petik, download di komputer kemudian pindahahkan ke hp, banyak yang sharing ternyata dan banyak pilihan.. (pakai triks pencarian yang telah saya pos sebelumnya)

Pos ini dipublikasikan di Ilmu, Personal, Software dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Theme K660i (Chen) – Garuda

  1. madie berkata:

    salam gan,numpang mampir…mau nanya kalo buat hape java yg ga ada tombol ‘C’ nya ga bisa ? Ato ada cara lain. Makasih jwbanya lwat email…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s