Tanah Airku – Ibu Sud [lagu rindu kala di negeri manca]


Pencipta dan Ikon

Namanya lebih kita kenal dengan Ibu Soed (Ibu Sud), wanita yang bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibjo ini merupakan pencipta lagu anak-anak yang piawai membawa kesan kebangsaan dalam setiap syair lagunya, terlebih lagi lagu ini. Lagu yang telah menjadi ikon salah satu  maskapai penerbangan di Indonesia – Garuda – ini bahkan menjadi lagu yang selalu berdengung di setiap kali mendaratkan roda besarnya di bandara. Kesan syahdu dan rindu akan bangsa yang besar yang membentang dari Sabang sampai dengan Merauke selalu muncul setelah mendengarkan lagu ini.

Penawar rindu

Kini, saat saya sedang di manca dan teringat akan keindahan negeriku, selalu kuputar lagu ini, berkali-kali-kali-kali-ulang-ulang-kali bersama dengan lagu perjuangan lainnya seperti Hati Garuda yang merupakan garapan anyar yang menurutku tidak kalah heroiknya. Terselip rasa sedih sebenarnya ketika mendengarkan lagu-lagu pengusik jiwa kebangsaan di tengah situasi bangsa yang seperti sekarang ini, ingin rasanya berbuat sesuatu, sekecil apapun untuk membuat lebih baik kehidupan bangsa.

Pendobrak semangat

Tiap kali hati ini resah dan lungkrah, rasa malas yang menuntut badan untuk bergerak, otak untuk berpikir maka biasanya segera setelah lagu ini muncul pada playlistku, rasa semangat selalu muncul. Rasa malu sebenarnya, malu kenapa pemuda penerus bangsa ini bisa sebegitu malasnya. Ending Mengutip sepenggal syair lagu:

Walaupun banyak negeri kujalani Yang masyhur permai dikata orang Tetapi kampung dan rumahku Di sanalah ku rasa senang

Melbourne, 1 Mei 2015, 19.17

Pos ini dipublikasikan di UnCategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar