Angelina Jolie’s Movie [Salt]


Satu lagi film yang lumayan menegangkan, Evelyn Salt –Chenkov- (Angelina Jolie), seorang agen CIA yang teramat disegani oleh banyak agen lainnya terlebih bosnya sendiri Ted Winter. Dibuka dengan scene Korea Utara, dua tahun lalu dan pertemuan Salt dengan Mike –seorang ahli laba-laba–. Mereka saling jatuh cinta, kemudian menikah dan hidup layaknya warga Amerika biasa.

Namun suatu hari, seorang mata-mata Rusia -Alec Vassilly Orlov- datang ke kantornya di Langley (kantor CIA) dan menawarkan untuk menjual sebuah informasi yang berharga. Informasi tersebut adalah akan dibunuhnya  Presiden Rusia (Matveyev) yang akan menghadiri pemakaman wakil presiden Amerika dan nama pembunuhnya adalah Evelyn Salt.

Merasa ada yang tidak beres dan mengkhawatirkan keselamatan suaminya,  Salt terus-terusan berlari menghindari kejaran CIA. Winter juga terus-terusan meyakinkan bahwa Salt bukanlah ”mole” atau agen ganda dari Rusia. Yang tak ketinggalan serunya adalah adegan kejar-kejaran dan tembak-tembakan ala Jason Bourne. Pelarian yang brilian dan tembak-tembakan yang membabi buta. Sungguh menegangkan!

Setelah berhasil meloloskan diri dan ’membunuh’ presiden Rusia dalam acara pemakaman, dia menemui Orlov, sang kreator dari para agen ganda yang disusupkan ke dalam pemerintahan Amerika. Di markas Orlov, suami Salt tanpa babibu langsung ditembak di depan mata kepala Salt. Orientasi dari Salt telah berubah semenjak bertemu dengan suaminya –cinta mengalahkan segalanya—. Begitu melihat suaminya dibunuh, obsesinya membunuh Orlov dan seluruh agen-agennya semakin memuncak. Di markas Orlov dia membabi buta, Orlov dan agennya dibantainya. Namun dengan kematian Orlov tidak berarti rencana besar Orlov telah musnah. Ternyata masih banyak agen-agen ganda yang telah disusupkan dalam jabatan strategis pada pemerintahan Amerika sendiri.

Rencana para agen Rusia tersebut adalah menggiring sang presiden agar berlindung di bunker perlindungan yang berada di bawah tanah di bawah gedung putih dan mengaktifkan pemicu roket yang atas kuasa presiden Amerika dapat diluncurkan kemana saja (akan saya bahas di bawah nanti). Setelah pemicu tersebut aktif dan ternyata Salt juga mampu menembus keamanan bunker tersebut, terkuaklah konspirasi paling busuk selama ini, ternyata Ted Winter adalah salah satu dari agen ganda angkatan di atas Salt (itulah mengapa Salt tidak mengenalinya). Ted Winter memang berencana untuk meluncurkan roket tersebut namun bukan ke negara Amerika sendiri atau bahkan Rusia namun yang menjadi target adalah Mekah dan Teheran, di mana 9 juta muslim dunia berada, dan apabila benar-benar diluncurkan roket tersebut maka milyaran muslim dunia akan marah terhadap Amerika.

Seketika itu juga, terlihat dalam berita kalau presiden Rusia yang diberitakan telah dibunuh, dinyatakan sehat (’mati’ sementara karena pengaruh racun laba-laba yang ditembakkan Salt pada saat ’pembunuhan’ pertamanya). Terjadilah perkelahian antara Winter dan Salt, dan pada saat bersamaan ketika hendak diluncurkannya roket nuklir, yang ternyata diarahkan ke Mekah dan Teheran, Salt berhasil menggagalkan peluncuran tersebut.

Selanjutnya nonton saja sendiri, ending dari film ini masih dibuat mengambang dengan adanya kemungkinan untuk dilanjutkan ceritanya.

Catatan:

Pemicu roket nuklir yang sebenarnya disebut dengan nama The Football Nuclear atau disebut Atom Football atau Tombol Darurat (Remote Kontrol Pengendali Nuklir Jarak Jauh) adalah sebuah tas hitam, yang isinya akan digunakan oleh Presiden Amerika Serikat untuk mengesahkan serangan nuklir saat jauh dari pusat komando, seperti Gedung Putih dalam situasi memanas. Ini berfungsi sebagai penghubung yang mudah dibawa-bawa dalam sistem pertahanan strategis Amerika Serikat.

Terlebih dahulu harus dikonfirmasi bahwa yang mengaktifkan dan memegang kendali adalah benar-benar Presiden Amerika, konfirmasi sepertinya dilakukan terhadap menteri pertahanannya. Dalam film ini otentifikasi dengan sandi Zulu, Tango, Echo, seven, nine, Juliet, X-ray, Sierra, seven, Alpha, Mike, Charlie, Whiskey, five, six, Tango.

Pos ini dipublikasikan di Film dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Angelina Jolie’s Movie [Salt]

  1. Assalaamu’alaikum Ngafifi…
    Salam kenal dan maaf baru sempat berkunjung balas.

    Sahabat…. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati
    Di bulan Zulhijjah, Iedul Adha kembali menyapa hari
    Kemaafan dipohon untuk khilaf dan salah jika mengkhianati
    Sebuah pengorbanan tulus jadi iktibar membaiki diri

    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam keindahan Iedul Adha 1431 H dari saya di Sarikei, Sarawak.

    *
    Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh..
    terimakasih atas kunjungannya, senang sekali ada yang berkunjung ke blog saya yang sederhana ini.. semoga tidak bosan untuk terus berkunjung🙂
    Selamat hari raya idul fitri juga teruntuk Mbak Siti beserta keluarga dan warga Sarawak semuanya, semoga selalu dalam suka cita🙂

  2. Terima kasih ilmunya mas, pasti seru sekali ya film nya sayang saya tidak liyat.
    Salam kenal🙂

    *
    salam kenal juga mbak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s