Sepatu Kulit!? Asli Ndak Nih?


Pernah kepikiran gimana cara mengetahui bahwa bahan sepatu yang diklaim oleh penjualnya berbahan kulit asli (sapi, kerbau, kambing) adalah benar-benar kulit asli bukan dari bahan kulit sintetis? Saya pernah, dan yang ngasih tahu caranya adalah mamak saya -pengalaman memang guru terbaik yak-. So? bagaimana caranya? Ada dua cara kata mamak saya, yaitu dengan menggunakan bantuan api (dibakar -red) atau menggunakan kuku kita.

Cara pertama: Bakar sedikit permukaan bahan dengan korek api. Pembakaran dilakukan selama 2-3 detik saja, jangan lama-lama. Setelah didiamkan apabila menggunakan bahan kulit asli maka permukaannya akan panas dan sedikit berminyak (tapi jangan harap akan adanya bau seperti daging terbakar!) karena bahan kulit sudah mengalami pemrosesan. Apabila permukaan bahan mengelupas berarti  bahan tadi bukan asli kulit melainkan hanya sintetis saja. Saya tidak berani memakai cara ini, takut merusak barang dagangan orang.

Cara kedua: Menekan permukaan bahan dengan kuku. Apabila permukaan bahan yang ditekan dengan kuku tidak berbekas/kembali ke bentuk semula dengan cepat berarti bahan tersebut kulit sintetis. Apabila permukaan bahan ditekan dan meninggalkan bekas seperti lekukan dan bertahan agak lama, maka bisa dipastikan sepatu berbahan kulit asli. 

Sekalian pamer promosi, jika ingin mencari sepatu, ikat pinggang, tas, dan jaket berbahan kulit asli di sekitar daerah Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi daerah Manding. Kalau dari arah kota letaknya searah dengan jalan menuju Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Pos ini dipublikasikan di Ilmu, Personal dan tag , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Sepatu Kulit!? Asli Ndak Nih?

  1. ~Amela~ berkata:

    Wah, nice tips.. tapi kayaknya kemungkinan saya beli sepatu kulit tipis sekali deh..
    hehehe

  2. saracens berkata:

    ijin ambil artikel mu ya fi…aku forward di blog ku

  3. rahmatt berkata:

    kulit asli, kalau digoreng jadi krupuk
    kalau nggak jadi krupuk berarti kulit imitasi

    😀

    matur nuwun mas infonya

  4. ilovegodin.com berkata:

    Wah, spertinya cara ni bakal membantu meyakinkan customer kalo kita punya produk asli kulit nih. Mampir ya agan2.. 😀

  5. Lalu Fathur Rozi berkata:

    tolong alamat yg jelas untuk toko sepatu kulitnya gan?

    • m.ngafifi berkata:

      Mohon maaf gan, ane bukan sponsor toko manapun, tapi daerah itu sebenarnya semacam kawasan pemasaran industri rumahan kulit gitu kok, jadi di sepanjang jalan itu agan bisa milih mana aja… Ditawar gan, jangan lupa..

  6. thanks infonya bro, boleh share infonya

Tinggalkan komentar