Update Xperia X8 (E15i) ke Android 2.1 Eclair


eclair -- :? x8

Setelah sekian lama, hampir 2 bulan sejak Xperia di tangan, akhirnya kesampaian juga meng-update handset satu ini, setelah kurang lebih seminggu yang lalu sudah dengar kabar tentang keluarnya update-an anyarnya. Tapi baru hari ini bisa terlaksana, soalnya minggu lalu saya sedang berpulang ke kampung halaman yang notabene fakir sinyal internet (mau nge-warnet males ongkos :-D). Minggu lalu sebenarnya sudah mencoba update, tapi gagal, kendalanya pas harus conect handset dengan komputer dan bersamaan dengan menekan tombol back, nggak ada reaksi apa-apa, handset malah berpndah ke modus charge. Walhasil, saya biarin dulu dan saya pilih menikmati pulang kampung.

Sore ini, iseng, selain karena internet lagi kenceng (kawasan kampus lagi sepi orang, banyak yang mudik memanfaatkan libur natal dan akhir tahun) jadi nggak perlu royok-an sinyal.. hahaahahaa. Setelah dengan semangat mencoba, ekhhh gagal maning son.. dan kegagalannya sama, gak bisa ngedetect sesaat sebelum masuk fase update (di penghujung fase prepare). Sampai akhirnya, saya putuskan dengan fresh install untuk aplikasi PC Companion dengan meminjam laptop teman (oiyaa, untuk update ini sebaiknya menggunakan laptop saja, untuk berjaga-jaga apabila terjadi mati listrik) dengan download lagi dari web-nya Sony Ericsson di sini, yang saya pakai versi Sony_Ericsson_PC_Companion_2.01.078_Web. Setelah saya ikuti semua petunjuknya, alhamdulillah, nggak pake mogok di tempat sebelum-sebelumnya.

Dan inilah, sekarang sudah terupdate, tampilannya jauh lebih bagus dan lebih cling :-). Screen locknya juga semakin elegan, slider lock, oiya, keyboardnya juga lebih manusiawi dibandingkan seri pendahulunya (Xperia X8 versi 1.6 a.k.a donut). Dan semoga semakin banyak aplikasi yang bisa ditangani tanpa harus ngelag lagi.

E15i, ada embel-embel i nya, kalau nggak salah seri SE dengan embel-embel i tersebut artinya barang tersebut discontinued, tidak diproduksi lagi. Mirip dengan pendahulunya SE k660i, tangguh juga hp itu..

Update: Secara keseluruhan memuaskan (bandingannya dengan harga ya) :-), rate bintang lima deh

  • Bluetooth sudah bisa untuk terima dan kirim file (tested dengan bluetooth komputer).
  • Bisa uninstall beberapa aplikasi bawaan yang nggak saya pakai, otomatis mengurangi beban my X.
  • Untuk akun gmail atau google bisa lebih dari satu :). Dengan cara ini, Anda dapat menjadi beberapa pengguna yang memiliki akun pribadi dan tersesuai masing-masing pada telepon yang sama. Account Google™ Anda mengendalikan setelan pada Android™ Market, Gmail™, Google™ Talk dan Kalender.
  • Beberapa aplikasi bawaan sudah terupdate. Aplikasi bawaannya berupa browser, kamera, pemutar video, musik dan radio, kalender, Notes (wajib). Email dengan lebih dari satu akun yang bisa dimasukkan, Android Market, Timescape, TrackID, Album dan Album Geotagging, Google Mail, Youtube, Facebook, Latitude, GTalk, GMaps, Places, Navigation, Wisepilot (berbayar)
  • Aplikasi yang saya tambahkan adalah: Winamp, MSN Talk, Solitaire, Angry Birds, Brain Challenge, iQuran Pro, Dua & Azkar, Astro, FxCamera, APN on/off, Note Everything Pro, Foursquare, WordPress, Documents To Go Pro, Opera Mini, Mobile Maps (sygic), dan mungkin masih banyak lagi yang mau saya coba.

p.s.: X8 ini tidak saya jadikan alat untuk telepon atau sms-an :P, buat hiburan dan internetan saja makai provider Ind*satM2 Broom Unlimited yang bisa berbagi pakai dengan modem komputer.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Personal, Software dan tag . Tandai permalink.

13 Balasan ke Update Xperia X8 (E15i) ke Android 2.1 Eclair

  1. m.ngafifi berkata:

    *catatan tambahan:
    Seperti kebanyakan smartphone saat ini, masalah utama yang saya temui selama memakai E15i ini adalah daya tahan baterai. Baterainya boros bener** , terutama ketika internet hidup selalu dan berada di daerah miskin sinyal :) (implikasinya gadget berusaha mencari sinyal terus menerus). So, selalu siap sedia dengan charger-nya tiap kali harus bepergian agak jauh.
    ** -dibandingkan dengan hp symbian, java, dan IOS

    Namun, bagi saya hal ini tidak terlalu bermasalah, karena shakira ini saya jadikan sebagai sarana hiburan saja, alat komunikasi utama saya masih hp dengan daya tahan baterai lebih dari 3 hari –> Nok*a N1202 :-D

  2. kampung online berkata:

    sampe brp jam klo dipakai full?

  3. ummu azra berkata:

    berapa lama proses update-nya?

    • m.ngafifi berkata:

      tergantung kecepatan internetnya mbak..
      waktu itu saya menggunakan m2 yang baru diisi dan kondisi fullbar 3G sekitar setengah jam an..

      pastikan aja koneksi internet stabil dulu sebelum melakukan update

  4. frella berkata:

    hp saya soner X8, tapi saya selalu mengalami kesulitan saat memasukkan akun google, bagaimana mana ya caranya? bisa di bantu?

  5. Anonymous berkata:

    saya beli hp scond SE.Xperia X8 di jalan.. Sampay di rmah mau di pakai kartu.. ealah masukan pertanyaan acun..???? saya tdk tahu akun google dll.caranya gmn yah..??? huaaaa

    • m.ngafifi berkata:

      Hape android emang diattach dengan akun si pemakai mas setahu saya… Kalau mau gampang, bawa aja ke service centernya untuk di factory reset.
      Kalau ngga, nanya ama yang jual, terus habis itu di factory reset sendiri, terus ganti akun gmail yang didaftarkan.

  6. Anonymous berkata:

    gan napa ∂ hp saya serin’ muncul tulisan sayang,a bloetoot telah berhenti,, n gx bisa sher data lwat blutoot gx bisa,, мσнση jwb a?

  7. vansia berkata:

    kalo hape x8 ane waktu masih 1.6 ane jga bisa terima dan kirim filejuga jalan beberapa akun tapi ane jga udah upgrade ke 2.1 tapi gak da perbedaan walu saya cek uda 2.1 napa ya tampilannya ya gitu aja emang sih saya pake launcher atau theme lain tapi udah ane balikin default sama aja kaya yg 1.6 dulu

  8. ariel berkata:

    saya sudah logn gmail sya?kok buat dunlut di gogle play gak bs?stelah klik instal halamanya ga mau berubah。。tetap aj terus menerus?

  9. Anonymous berkata:

    Gan soner x8 saya ko ga bisa download ya,slalu muncul masalah konektivitas data,tlong di bantu gan.

  10. odie berkata:

    Gan soner saya ko ga bisa download ya,selalu muncul masalah konektivitas data.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s